Thursday 6 August 2015

cara mengatasi kecanduan gadget


Cara Mudah Mengatasi Kecanduan Smartphone

 
-Pernahkah anda ketinggalan smartphone anda saat kerja atau berpergian? Bagaimana perasaan anda saat itu? Dunia terasa kiamat kah (lebay mode on)? Menurut survey, 8 dari 10 orang yang mengalami hal tersebut bakalan sangat panik dan merasa sangat menderita, mereka bakalan langsung cabut balik ke rumah untuk mengambil gadget kesayangannya itu. Mereka yang mengalami hal tersebut disebut nomophobia (no-mobile phobia). Walaupun sebenarnya tanpa smartphone tersebut, mereka masih dapat bekerja. Kalau anda mengalami gejala tersebut, atau sudah sangat lengket dengan smartphone kesayangan anda, anda butuh refreshing atau mungkin terapi agar tidak terkena nomophobia tersebut. Inilah tipsnya:
  1. Biarkan smartphone anda low bat dan tidak perlu dicharge, dijamin anda tidak dapat menggunakan smartphone anda dan tidak perlu repot charge smartphone semalaman.
  2. Simpan smartphone anda dan jauhkan dari kita bila perlu. Bahkan lupakan password smartphone anda.
  3. Gunakan cara tradisional. Jika anda perlu menelepon seseorang, cari melalui yellow page atau penerangan dan telpon menggunakan PSTN normal atau telpon umum. Jika anda berpergian dan memerlukan peta, dapat menggunakan lembaran peta tradisional.
  4. Luangkan waktu untuk hobi anda yang tidak menggunakan smartphone. Jika biasanya anda hobi foto dan posting ke instagram, anda sekarang dapat melakukan tersebut dengan menggunakan kamera pro DSLR dan cetak hasil karya gambar anda. Masukkan kumpulan hasil foto agan ke dalam buku album. Anda mendapatkan hobi baru, siapa tahu nanti anda dapat menjadi fotografer profesional.
  5. Waktu yang biasanya terbuang untuk main game, internet, social media dan sebagainya atau keasikan terhadap smartphone, dapat anda alihkan untuk bercerita dengan teman, have fun, makan malam bersama dengan keluarga dengan memasak bersama
  6. Jika anda berhasil di hari pertama , anda dapat mencoba satu hari berikutnya tanpa smartphone, tubuh anda akan membiasakan diri mengurangi ketergantungan terhadap smartphone tersebut dengan cara yang mudah dan murah. Tentunya juga akan menyehatkan tubuh kita.

0 comments: