Friday 11 September 2015

nilai positif kurikulum 2013


Berawal dari kekesalan temen saya yang terus ngoceh tentang kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 buat SD SMP SMA sederajat. saya pengen bagi pendapat positif dibalik perubahan dan kebijakan baru di kurikulum ini.
Beberapa pertanyaan yang sering banget di lontarin dari temen-temen ku khususnya dan mungkin siswa siswi lain, biasanya :

1. kenapa sih kurikulum 2013 kena pas angkatan kita? coba setahun setelah kita aja.. jadi kan nggak susah -__-

~ itu karena kita tergolong orang" yang beruntung, mungkin aja ada diluar sana yang pengen ngerasain gimana sih rasannya belajar dengan kurikulum 2013 ini.. kayaknya seru :p ( be positif !!! )

2. kenapa sih kurikulum ini ngatur supaya guru nggak usah terlalu aktif buat ngajarin kita?? guru aktif aja kita nggak ngerti apaliagi kayak gini.. gimana kita bisa ngerti??

~ itu supaya kita terbiasa buat berusaha sebelum meminta bantuan, toh di perkuliahan nanti dosen bakal jauh lebih cuek dari guru kita.. jadi kan kita mudah nyesuain diri kalau udah kuliah. dan itu bakal kamu rasain nanti :)

3. apaan sih kurikulum baru ini?.. apa apa tugas.. apa apa belajar kelompok.. bikin pusing aja

~ ingat teman. didunia kerja yang dicari nggak cuma orang cerdas aja.. tapi lebih ke mereka yang mau bekerja keras dan mampu bekerja secara kelompok.. bersosialisasi itu penting!! semua adalah latihan

4. siapa sih yang bikin kurikulum macam ini?.. nyusahin coeg!

~ hehee.. kalau ini aku juga kurang tau teman.. tanya mbah google wae yo!! insya allah ada

5. supaya apa sih kita disuruh nyanyi lagu nasional sebelum dan sesudah kegiatan belajar sekolah?? kayak anak TK aja

~  please deh -__- ubah pola pemikiranmu.. di negara kita banyak terjadi permasalahan-permasalahan yang didasari dari kurangnya jiwa persatuan dan sikap nasionalis masyarakat.. dan cuma dikurikulum ini perbaikan sikap nasionalisme lebih di perhatikan..

Sebagai pelajar yang budiman saya kasih saran kekalian yang suka ngomel kayak gitu.. kurikulum ini mungkin nggak sesempurna "andra and the backbone" tapi saya yakin yang buat kurikulum cuma mau ciptain perubahan yang lebih baik buat sistem pendidikan dan masa depan para pelajar di negara kita

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian.. kurang lebih minta maap ya.. namanya juga anak SMA salah dikit minta sarannya..

0 comments: